Kapolsek Sepatan Serahkan Kentongan ke Poskamling Bersuara Desa Pondok Kelor, Guna Menunjang Keamanan Lingkungan

news889 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | TANGERANG – Guna menunjang kegiatan di Pos Kamling agar berjalan dengan baik, Kapolsek Sepatan AKP Sriyono, SH, MH bersama Sriyana Kanit Humas menyerahkan bantuan berupa kentongan dan kode memukul kentongan di Pos Kamling yang ada di wilayah Dusun 1 Desa Pondok kelor  Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten sebagai sarana kegiatan ronda. Penyerahan tersebut langsung di terima oleh ketua RW.01. Sabtu, 4/10/2023.

Pos Ronda atau Pos Kamling adalah sebuah tempat yang dipakai untuk menjaga keamanan di suatu wilayah. Sedangkan fungsi utama dari kentongan adalah memberikan informasi mengenai situasi di lingkungan sekitar dan setiap ketukan kentongan memiliki arti berbeda.

Kapolsek Sepatan AKP Sriyono.SH,MH Menjelaskan “Malam ini kami mendistribusikan kentongan ke pos kamling bersuara dusun 1 Desa Pondok kelor, sekaligus gambar kode cara membunyikan kentongan dalam keadaan tertentu, Ujar Kapolsek Sepatan,” jelasnya.

Lebih lanjut saya contohkan cara memukul kentongan “Pukulan tiga ketukan terputus-putus yang berarti sedang ada patroli atau ronda, Jika ada perampokan atau pencurian kentongan diketuk sebanyak dua kali secara terus menerus, Berbeda jika kebakaran, kentongan diketuk tiga kali secara terus menerus, Kalau ada pembunuhan, kentongan dipukul terus menerus tanpa jeda. Kemudian, untuk kode bencana alam kentongan dipukul tiga kali ditambah satu kali dengan jeda secara terus menerus. Kebalikannya, jika terjadi kecelakaan lalu lintas kentongan diketuk satu kali ditambah tiga kali secara terus menerus. Kode terakhir yakni jika terjadi perkelahian atau keributan, kentongan diketuk sebanyak dua kali ditambah tiga kali usai jeda secara terus menerus,” jelas Kapolsek Sepatan.

Masih Kapolsek “Tentunya peran serta masyarakat dalam mendukung situasi aman sangat dibutuhkan, dan kami mengajak baik ketua RT maupun warga untuk kembali menggalakkan poskamling atau siskamling di lingkungan masing masing” ucapnya.

Ditempat yang sama, Junaedi Kepala desa Pondok kelor menyampaikan 3 pilar yang selalu sinergi, pemerintahan desa pondok kelor mendukung dengan adanya kegiatan pos kampling bersuara.

“Saya berharap dengan adanya bantuan kentongan ini kegiatan pos kamling di desa pondok kelor atau ronda malam hari agar tetap berjalan sebagaimana mestinya bila perlu di tingkatkan agar keamanan lingkungan tetap terjaga,” harap Kades Pondok Kelor.(Arfn)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *