Mahasiswa Universitas Malikussaleh Sosialisasikan Penggunaan Bahasa Indonesia di SDN 26 Sawang

news, Pendidikan668 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | KABUPATEN ACEH UTARA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di SDN 26 Sawang, desa Jurong Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) mahasiswa KKN-PPM Kelompok 067 di Desa Jurong, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Subhan, ST, MSc.

Sosialisasi ini dilakukan untuk mendorong siswa/i SDN 26 Sawang dalam menerapkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai tahap awal kegiatan ini dilakukan untuk para siswa/i kelas 4,5 ,dan 6 dikarenakan masih banyak siswa kelas tersebut yang masih canggung dalam menggunakan bahasa Indonesia dalam berinteraksi baik di sekolah maupun lingkungan sehari-hari. Tidak kurang dari 40 orang peserta hadir dalam kegiatan tersebut termasuk para guru di SD 26 Sawang.

Kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh para peserta karena selain sosialisasi, acara ini juga mengadakan permainan (games) dan memberikan hadiah kecil-kecilan sebagai apresiasi kepada siswa/i SDN 26 Sawang karena telah mengikuti kegiatan sosialisasi dengan antusias dan bersemangat.

Diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat Desa Jurong khususnya anak-anak desa tersebut untuk terus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ridha Hafdhi selaku ketua kelompok 067, berharap melalui kegiatan ini siswa/i SDN 26 Sawang dapat menerapkan bahasa Indonesia di kehidupan mereka sehari-harinya.

“Alhamdulillah proker kami berjalan lancar hari ini, walaupun cuaca hari ini kurang mendukung dikarenakan hujan tetapi tidak mengurangi semangat adik-adik dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” ujar Ridha.

Nurmalia selaku kepala sekolah SDN 26 Sawang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, menurutnya sistem belajar sambil bermain merupakan sistem belajar yang dibutuhkan oleh siswa/i SD tersebut. Beliau juga berharap mahasiswa KKN dapat mengadakan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat mendorong para siswa untuk lebih semangat dalam belajar.(Rchd/Ade)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *