LSM Komando Siap Kawal dan Awasi Pemilu 2024

Kontrol Sosial, news93 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | TANGERANG – Bawaslu Kota Tangerang dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu,membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat dengan harapan pemilu berjalan dengan baik dan kondusif. Bawaslu membutuhkan kolaborasi yang kuat dengan LSM untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam melaporkan segala bentuk pelanggaran atau kecurangan selama proses pelaksanaan pesta demokrasi.

“Harapan kami, audiensi ini dapat menghasilkan rumusan terbaik untuk desain pengawasan kami,” ujar Rosyid.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang, Rosyid saat menerima audiensi Pimpinan teras LSM Komando, Kamis 6 Juli 2023 di Kantornya Kawasan Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Ditempat yang sama, Ketua Umum LSM Komando Omar Rodhi, SH menyatakan pengawasan partisipatif masyarakat penting dilakukan terutama diruang privat yang tidak tersentuh oleh pengawas pemilu karena masyarakat merupakan pemegang kedaulatan tertinggi dinegara demokrasi ini.

Lebih lanjut Rodhi mengatakan, pihaknya mengingatkan dengan adanya anak dari pejabat negara berstatus ASN yang menjadi caleg parpol tertentu agar tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik praktis. “Sebab apabila ditemukan ada indikasi pelanggaran oleh ASN terlibat politik praktis tersebut dapat dijerat hukuman pidana penjara sesuai Undang- Undang No.7 tahun 2017, Pasal 494 paling lama 1 tahun dan denda 12 juta rupiah,” tegasnya.

Rodhi menyatakan bahwa LSM Komando akan berperan aktif dalam mengawal dan mengawasi jalannya pemilu terutama diwilayah Tangerang dengan menginformasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024 mendatang dan berani melaporkan apabila ditemukan ada indikasi pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu kepada Bawaslu setempat.

“LSM Komando akan berpartisipasi aktif membantu Pemkot dan penyelenggara pemilu agar Kota Tangerang menjadi kota terbaik dalam pelaksanaan demokrasi di Pemilu dan Pilkada mendatang,” ujar Rodhi dengan tegas dan mantap.

( Machfi.Bm)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *