BEM SI Kerakyatan Sumbar Lakukan Aksi Unjuk Rasa di Simpang Presiden Kota Padang

news579 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | KOTA PADANG – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan Sumatera Barat (Sumbar) melakukan aksi unjuk rasa di Simpang Presiden Kota Padang, Senin (16/10/2023) sore.

Massa aksi mulai berorasi dengan pengeras suara sekitar pukul 15.30 WIB. Mereka berpakaian didominasi hitam.

BEM SI Kerakyatan Sumbar menyuarakan kekecewaan soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan salah satu pemohon bahwa syarat seorang calon presiden dan wakil presiden berusia minimal 40 tahun atau pernah menjabat sebagai kepala daerah.

Massa aksi menganggap putusan tersebut berbau kepentingan politik untuk meloloskan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden.

Seorang orator dari Universitas Dharma Andalas, Rifaldi mengatakan, putusan tersebut juga sarat kepentingan politik Presiden Jokowi.

Menurut Rifaldi, berbagai fakta menunjukkan bahwa Jokowi dikaitkan dengan politik dinasti, dimana ketua MK merupakan ipar, Gibran dan Rakabuming Raka adalah anak Jokowi.

Belum lagi, Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga merupakan anak Jokowi.

“Kita tidak ingin ada dinasti politik, ada kepentingan oligarki di dalamnya, kita tidak ingin politik Indonesia ini hanya ada di satu pihak, kita tidak ingin pesta demokrasi 2024 tidak transparan, cacat prosedur dan lain-lainnya,” kata Rifaldi.

Selain itu Rifaldi juga menyentil MK yang kini menjadi ‘Mahkamah Keluarga’.
MK tidak independen lagi, ketua MK paman Gibran dan Kaesang, juga ipar Jokowi, yang kita takuti negara ini bukan lagi negara hukum, tapi jadi negara keluarga,” kata dia.

Pantauan di lokasi aksi, massa dari BEM SI Kerakyatan Sumbar juga membawa berbagai selebaran, di antaranya bertuliskan ‘MK jadi Mahkamah Keluarga’, juga ada selebaran yang bertuliskan ‘Mahkamah Keluarga, dari ayah, oleh paman dan untuk Gibran’, #cukupsudah.

Di antara selebaran itu juga terpampang gambar Jokowi, Ketua MK Anwar Usman, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, hingga Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Saat menyuarakan aspirasi, aksi BEM SI Kerakyatan Sumbar ini juga sempat diwarnai hujan.(Fajri/rcd)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *