Peringatan Harganas, Bupati Zaki: Keluarga Tonggak Pertama Cegah Stunting

news768 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | TANGERANG – Moment Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 Tingkat Kabupaten Tangerang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk sosialisasi keluarga berkualitas dan membantu percepatan penurunan angka prevalansi stunting di Kabupaten Tangerang.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Bupati mengatakan, keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam penurunan angka prevalensi stunting. Menurut dia, keluarga merupakan tonggak pertama dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting.

“Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting sebagai tonggak pertama untuk mencegah terjadinya stunting, melalui pencegahan sejak dini yaitu sebelum perkawinan, dan anak baru lahir sampai dengan 1000 hari pertama kehidupan,” ungkapnya saat membuka acara Harganas ke-30 Tingkat Kabupaten Tangerang di Halaman Kantor Kecamatan Sukadiri, (28/8/23).

Dia berharap momentum Harganas menjadi ajang sosialisasi keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Dia melanjutkan bahwa program stunting adalah program jangka panjang yang harus dipahami dan dimengerti oleh semua elemen masyarakat. Kolaborasi dan sinergitas semua stakeholder sangat diperlukan demi mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

“Jangan kita saling menyalahkan nantinya. Kita berharap seluruh stakeholder dan juga mitra pemerintah daerah terutama para organisasi wanita organisasi, kemasyarakatan dan organisasi kesehatan yang bekerja langsung di tengah-tengah masyarakat bisa memberikan edukasi kepada masyarakat secara umum begitu juga dinas pendidikan,” katanya.

Sementara itu Kepala DPPKB Hendra Tarmizi mengungkapkan tujuan dari digelarnya peringatan Harganas adalah meningkatkan peran serta pemerintah dan masyarakat kemudian tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang pentingnya partisipasi dan pentingnya delapan fungsi keluarga secara optimal dalam rangka pembentukan karakter sejak dini untuk mewujudkan kelembagaan keluarga kecil sehat, bahagia dan sejahtera.

“Peringatan Harganas ini mengambil tema Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju. Ini juga adalah salah satu wujud dukungan program prioritas nasional pengentasan stunting. Mencintai keluarga berarti kita merencanakan keluarga yang bahagia dan sejahtera,” tutur Hendra.
(*/Arfn)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *