Warga RW 10 Desa Gelam Jaya Rayakan HUT RI ke-78

Daerah, Headline185 Dilihat

banner 970x150

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM, KAB. TANGERANG – Sekilas tentang sejarah Hari Kemerdekaan Indonesia, tujuh puluh delapan tahun yang lalu, tepatnya pada Jum’at, 17 Agustus 1945 pukul 11.30 waktu Nippon (sebutan untuk negara Jepang pada saat itu), di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta membacakan teks naskah Proklamasi Otentik oleh Soekarno.

Lebih dari tiga abad nenek moyang kita hidup dalam masa penjajahan. Tidak mudah untuk mendapatkan kemerdekaan, darah dan nyawa para Pahlawan Bangsa Indonesia dipertaruhkan dalam perjuangan menghadapi bangsa-bangsa penjajah. Namun semangat para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan terus berkobar, tak gentar, tak mau menyerah sampai darah penghabisan. Pada akhirnya, dengan izin Tuhan YME, Indonesia dapat menyatakan diri sebagai negara merdeka pada 17 Agustus 1945.


Kini saatnya kewajiban generasi penerus untuk menjaga kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita. Selain menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, arti kemerdekaan juga harus dibarengi dengan kemajuan bangsa serta kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hari pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno dijadikan sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia yakni tanggal 17 Agustus yang setiap tahun diperingati oleh segenap bangsa Indonesia. Peringatan kemerdekaan biasanya dengan menggelar berbagai kegiatan seperti upacara bendera, menyelenggarakan kompetisi/perlombaan, dan acara pagelaran seni budaya. Hal tersebut untuk menjaga semangat nasionalisme generasi penerus bangsa Indonesia. Generasi muda dididik untuk mempelajari dan menghargai sejarah perjuangan kemerdekaan.

Perayaan HUT kemerdekaan RI, diselenggarakan oleh seluruh bangsa Indonesia, baik dari tingkat pemerintahan pusat hingga tingkat RT/RW. Demikian juga kegiatan yang diselenggarakan warga RW 10 Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Setelah melewati beberapa perlombaan, kini tiba saatnya malam puncak perayaan hari kemerdekaan Indonesia ( HUT RI ) ke-78. Warga tampak bersemangat merayakan malam puncak HUT RI dengan menampilkan berbagai pagelaran seni, Sabtu (26/8/2023).

Dimulai dari awal bulan Agustus 2023, hingga pelaksanaan pesta seni pada malam puncak, digelar berbagai macam perlombaan dan pertandingan olahraga antar warga, seperti pertandingan Senam, bulutangkis, catur, tenis meja, karaoke, joget, lomba tangkap bebek  hingga lomba pembuatan tumpeng serta Karnaval sepeda hias.


Ketua Panitia, Guruh Utomo mengatakan, perayaan HUT Kemerdekan sudah rutin diselenggarakan di RW 10 setiap tahunnya, namun pada saat Pandemi Covid 19 beberapa tahun yang lalu, perayaan HUT RI tidak diselenggarakan di wilayah RW 10.

“Kegiatan ini sudah rutin setiap tahun diadakan. Saya berharap melalui kegiatan ini bisa membangkitkan semangat bagi warga untuk bersatu. Menjujung tinggi nilai Kemerdekaan serta mengenang kembali jasa-jasa para Pahlawan,” katanya.

Ia menambahkan, acara peringatan HUT Kemerdekaan ini dapat terselenggara berkat gotong royong antar warga yang cukup baik dari RT 01 s/d 14. “Dana yang digunakan untuk acara ini berasal dari iuran setiap warga dan ditambah dari para donatur. Oleh sebab itu, kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga RW 10 dan para donatur atas partisipasinya hingga acara terlaksana dengan sukses,” ungkapnya.


Malam Pentas Seni sebagai puncak perayaan HUT Kemerdekaan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni atau hiburan bagi masyarakat. Tari tradisional hingga tari modern pun ditampilkan oleh warga. Dari usia anak anak, remaja dan tidak ketinggalan bapak-bapak atau  ibu-ibu ikut berpartisipasi meramaikan.

Dudi Kurniawan ketua RW 10 Desa Jaya merasa senang dan bangga dengan kerukunan serta semangat warganya dalam merayakan HUT RI yang ke-78. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir pada pesta malam puncak HUT RI ini.

“Melalui media ini kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak, baik secara moril maupun materiil, sehingga acara HUT Kemerdekaan yang ke-78 di RW 10 ini dapat terlaksana dengan lancar,” ujar Dudi Kurniawan.


“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pejabat dan tokoh masyarakat yang sudah berkenan hadir memeriahkan acara ini. Saya berharap kegiatan ini dapat menambah keakraban dan kebersamaan antar warga disini serta terjalinnya tali silaturahmi,” tambahnya. (Red/Meirawati)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *