Perayaan Pehcun di Kota Tangerang Hadir Lagi, Simak Jadwal dan Rangkaian Kegiatannya

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | TANGERANG – Kabar gembira bagi warga Kota Tangerang, Perayaan Peh Cun 2023 hadir lagi yang akan diselenggarakan di bantaran kali Cisadane, Kota Tangerang.

Perayaan Pehcun merupakan festival penting dalam sejarah dan kebudayaan Nusantara. Perayaan yang selalu diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Khonghucu Lek tersebut selalu dirayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ketua Panitia Pehcun tahun 2023, Mulio Kantjana menerangkan, pada perayaan Pehcun tahun 2023 ini mengusung tema “Harmony in Divirsity”.

“Tema ini merupakan suatu harapan dan doa bahwa keharmonisan akan menyatukan kita dalam berbagai perbedaan,” ujarnya, ditulis Minggu (18/6/2023).

Dijelaskannya, kegiatan Pehcun tahun ini akan berlangsung dari tanggal 21- 25 Juni di Bantaran kali Cisadane, Jalan Kali Pasir Kota Tangerang.

Mulio menjelaskan, rangkaian acara pada Perayaan Pehcun 2023 ini tidak hanya sebatas kegiatan hiburan dan pesta rakyat saja.

“Namun lebih dari itu kita tekankan untuk peduli lingkungan dan aksi sosial. Kegiatan peduli lingkungan yang dilaksanakan pada hari minggu 11 Juni mengundang antusias masyarakat untuk ikut terlibat membersihkan bantaran kali cisadane memungut dan memilah sampah yang berserakan disekitar kali,” terangnya.

“Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan sebagai warisan bagi generasi mendatang,” tambahnya.

Dipaparkannya, pada hari puncak perayaan Pehcun 2023 terdapat beberapa kegiatan perlombaan serta hiburan rakyat, seperti Wayang Potehi, Wisata Gambang Kromong di atas air, ritual memandikan telur.

“Lomba menangkap bebek dan yang paling penting yakni lomba dayung perahu naga dan papak, selain kegiatan tersebut kegiatan lainnya juga disemarakkan dengan hadirnya UMKM yang menambah daya Tarik bagi wisatawan,” terangnya.

Kemudian, pada malam penutupan akan diadakan pelepasan 100 lentera perahu naga di Cisadane.

“Pada malam penutupan kegiatan akan diadakan pelepasan 100 lentera perahu naga di sungai Cisadane, yang menambah semarak indahnya kegiatan,” tutupnya.(Machfi.Bm)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *