Sejumlah Elemen Masyarakat Bayah Rawat Tugu Sejarah

Daerah, news42 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | Banten,  Sejumlah elemen masyarakat di Kecamatan Bayah, melakukan perbaikan Tugu Simpang Tiga yang nyaris roboh dan pembersihan (merawat) Tugu Romusa, Jum’at (16/06/2023).

Tugu Simpang Tiga yang berada di Desa Bayah Barat terletak di jalan raya Bayah – Cikotok dan Pelabuhan Ratu ini diperbaiki guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena hampir roboh akibat tersenggol mobil besar.

Elemen masyarakat yang melakukan hal itu diantaranya Ormas DPAC BPPKB, Kkpmp, Perpam, Pemuda Pancasila, Poba, Karang Taruna, dan KNPI, serta Pemdes Bayah Barat dan pihak Kecamatan Bayah.

Kepala Desa Bayah Barat Usep Suhendar menjelaskan Kegiatan ini kami lakukan secara swadaya dan dilakukan oleh gabungan Ormas dan OKP yang ada di Bayah. Kenapa tugu ini dibetulkan? Sebelumnya tugu jalan simpang tiga ini sudah doyong mau roboh karena kena senggol mobil besar yang mengangkut barang ke Cemindo Gemilang, khawatir roboh dan memakan korban kita perbaiki bersama dengan biaya swadaya,” tutur Usep.

“Tugu ini sudah lama tak direnovasi sejak jaman pak Yogi SM sebagai Gubernur Jawa Barat tahun 1989. Jadi kita sekalian aja dibetulkan sekarang, sambil kita juga membersihkan tugu Romusa yang berada tidak jauh dari simpang tiga ini,” terang Usep.

Senada, disampaikan Camat Bayah Dadan Juanda. Ia mengatakan kegiatan pembersihan Tugu Romusa dan Tugu Simpang Tiga jalan Bayah – Cikotok dikarenakan kondisi sangat menghawatirkan.

Tugu Romusa ini, lanjut Dadan, adalah bagian dari sejarah dimana wilayah Bayah itu sempat jadi tempat para Romusa bekerja di jaman penjajahan Belanda, tugu itu bukti sejarah yang tidak boleh dilupakan.

“Sementara soal tugu simpang tiga jalan Bayah diperbaiki karena kondisinya yang sangat menghawatirkan sudah doyong, maka kami punya inisiatif bersama Ormas dan OKP yang ada di Bayah untuk memperbaiki dan membersihkannya. Tentunya itu sebagai bentuk dari kecintaan kita pada daerah kita,” ucapnya.

Selanjutnya Dadan mengucapkan terimakasih atas kekompakan segenap elemen masyarakat yang peduli terhadap wilayah yang dipimpinnya.

“Saya ucapkan terimakasih pada Ormas dan OKP baik BPPKB, Perpam, Poba, Karang Taruna, KNPI, Pemuda Pancasila, dan yang lainnya yang turut serta membenahi Tugu Romusa dan Tugu Jalan Simpang Bayah. Semoga kekompakan dan kebersamaan dari semua unsur antara pemerintah dan Ormas dan OKP yang ada di Bayah mampu menciptakan kondusifitas dan rasa toleransi yang baik untuk Bayah yang lebih baik,” pungkas Dadan. (Machfi.Bm)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *