Bawa Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae-yong Akui Sedih Pulangkan Korea Selatan

news1035 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong merasa campur aduk usai mengantar anak-anak asuhnya tembus ke semifinal Piala Asia U-23. Dia mengaku bahagia, tetapi juga sedih lantaran harus memulangkan negara sendiri dari kompetisi.


Pelatih Timnas Indonesia 23, Shin Tae-yong, merasa campur aduk usai mengantar anak-anak asuhnya melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Hal itu lantaran tiket empat besar diperoleh tim racikan STY usai memulangkan Korea Selatan yang merupakan negara sang pelatih,


Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yongsukses menorehkan pencapaian baru dalam buku sejarah skuad Garuda Muda. Dia mengantar Rizky Ridho dan kawan-kawan, yang hanya berstatus sebagai debutan, tembus ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Keberhasil merengkuh tiket empat besar ini dipetik setelah pasukan Merah Putih melakoni duel panjang dengan Korea Selatan dalam partai perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.


Timnas Indonesia U-23 semula unggul 2-1 saat half time, tetapi berhasil disamakan di babak kedua, sehingga laga terpaksa berlanjut ke extra time. Kebuntuan dua tim selama perpanjangan waktu lantas memaksa terjadinya adu penalti.


Garuda Muda baru bisa menyegel tiket menuju fase selanjutnya setelah terlibat maraton bersama Taeguk Warriors muda, yang berakhir dengan kemenangan 11-10 untuk Timnas Indonesia U-23.

Dengan hasil ini, Korea Selatan harus mengubur mimpinya melanjutkan tren tampil di Olimpiade 2024 Paris. Sebaliknya, Merah Putih makin terbuka peluangnya untuk tembus ke turnamen 4 tahunan.

Adapun Timnas Indonesia U-23 kini perlu melewati fase semifinal atau setidaknya finis sebagai peringkat 3Piala Asia U-23 2024 jika ingin mendapat tiket langsung menuju panggung multieven ter,akbar Dunia.


Kalau pun kalah dalam empat besar dan perebutan medali perunggu, Garuda masih punya peluang lewat jalur play-off antarkonfederasi. Anak-anak asuh Shin Tae-yong harus menaklukkan Guinea yang lebih dulu finis di urutan 4 dalam AFCON U-23, Juli 2023 silam.


Kendati menuai sanjungan berbagai pihak menyusul keberhasilannya memoles Timnas Indonesia U-23 hingga tembus ke semifinal Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong rupanya mengaku sedih selepas pertandingan.

Hal itu lantaran dia harus mengirim negaranya sendiri pulang lebih dulu dari kompetisi, meski STY sendiri sejatinya pernah menyandang status sebagai pelatih kepala di Timnas Korea Selatan.

“Saya sangat bahagia. Namun, sejujurnya di sisi lain, saya juga merasa sedih di lubuk hati yang paling dalam (karena mengalahkan negara sendiri),” ucap Shin Tae-yong selepas perempat final Piala Asia U-23 melawan Korea Selatan.

“Tetapi bagaimana pun, pemenang harus ditentukan dan saya sebagai pelatih Timnas Indonesia, berusaha melakukan yang terbaik.”

“Saya mau mengucapkan terima kasih kepada para pemain, federasi sepak bola Indonesia yang hadir, juga para suporter yang terus begadang demi memberikan dukungan kepada kami,” tandasnya.

Adapun Shin Tae-yong memang menunjukkan penghargaan tinggi terhadap negaranya selepas laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Juru taktik berusia 53 tahun itu nampak minim selebrasi demi menghormati para pemain dan staf pelatih Korea Selatan yang baru saja menelan kekalahan.

Berdasarkan pantauan di pengujung pertandingan, STY memang sempat bersorak girang usai Pratama Arhan jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-23 saat periode adu penalti dengan Taeguk Warriors.

setelahnya Shin Tae-yong . Juru taktik Garuda Muda itu malah menyempatkan diri melipir ke bangku cadangan Korea Selatan demi menyalami staf dan pemain yang bersedih.

STY menghampiri satu per satu penggawa Taeguk Warriors yang masih berada di lapangan, termasuk kiper Baek Jong-beom yang nampak cukup terpukul usai dipulangkan oleh Timnas Indonesia U-23.(RED/MACHFI.BM)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *