Dosen Akuntansi UNPAM Adakan Pelatihan Peningkatan dan Pemberdayaan Kualitas di SMP Islam Cepu

news, Pendidikan974 Dilihat

PATRIOTNUSANTARANEWS.COM | BLORA – Dalam rangka meningkatkan kualitas berfikir dan motivasi anak dan remaja, dosen Universitas Pamulang (UNPAM) yang tergabung dalam Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan kegiatan dan pelatihan peningkatan dan pemberdayaan kualitas di SMP Islam Cepu Jalan Diponegoro II/17B Cepu, Kecamatan Cepu, Kabupaten. Blora Provinsi Jawa Tengah. (Kamis, 21/9/2023)

Berdasarkan pasal 20 UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) dan berdasarkan Pasal 24 UU Diknas yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong dan mengarahkan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian adalah Pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencakup upaya- upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan ketrampilan yang dilakukan oleh civitas akademika sebagai perwujudan dharma bhakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas terlebih bagi masyarakat ekonomi lemah.
Untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, maka beberapa dosen dari Universitas Pamulang Program Studi Akuntansi S1 berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi beranggotakan 5 dosen diantaranya; H. Sujarwo, M.H, Muhammad Rizal Saragih, S.E., M.M, Dr. Rusdi S.P., M.Si, Mawardi Nurullah, M.Pd., Prima Sadewa. M. Pd. Menggelar kegiatan pelatihan di SMP Islam Cepu – Jawa Tengah dengan mengusung tema “Pemberdayaan Siswa dan Siswi Sekolah Menegah Pertama Islam Cepu Jawa Tengah Tentang Peningkatan Motivasi Belajar, Wawasan Berpikir & Kewajiban Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi,” pada hari Rabu, 20/9/2023.

Pada kegiatan tersebut diharapkan paara siswa selaku generasi penerus bangsa dan negara dimasa depan memiliki wawasan yang luas dan berfikir praktis terhadap semua permasalahan yang akan dihadapinya kedepan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rizal Saragih selaku ketua tim dosen “saya berharap dengan kegiatan ini kalian dapat tebuka wawasannya terhadap bagaimana nanti persoalan-persoalan yang akan dihadapi nanti, sehingga mudah-mudahan dengan kegiatan ini kalian menjadi generasi yang siap tanggap dalam segala persoalan kehidupan,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dengan adanya kegitan ini pula tentu tidak kalah penting adalah tumbuh jiwa semangat yang kuat dalam mencapai cita-cita para siswa SMP Islam khususnya dimana temapt kegiatan berlangsung.

“Kalian harus memiliki semangat juang yang kuat, lanjutkan Pendidikan sampai setinggi mungkin, supaya cita-cita kalian dapat tercapai dengan mudah dan menjadi generasi yang gemilang serta membanggakan keluarga,” imbuhnya.

Mendengar semua pesan yang disampaikan Rizal Saragih dalam sambutannya semua siswa yang hadir dalam ruangan Nampak cerah dan penuh harap bahwa apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai dengan mudah dan lancar.

H. Arief Fauzan selaku kepala SMP Islam turut bangga dan senang dengan adanya kegiatan tersebut, karena pihak sekolah dapat terbantu dalam memberikan motivasi dan arahan dari para nara sumber yang handal.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada tim Dosen dari Universitas Pamulang yang jauh-jauh datang ke sekolah kami dan bersedia untuk berbagi serta memberikan arahan dan mambangkitkan semangat anak-anak didik kami dalam mencapai cita-citanya,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut merupakan hal yang rutin dilakukan oleh para dosen termasuk dari dosen dari Universitas Pamulang, sehingga berharap penuh kalua kegiatan ini bisa terulang di lain kesempatan.

“Semoga tim dosen bapak dan Ibu dari UNPAM berkenan dapat bisa menyempatkan waktunya dilain kesempatan untuk bisa memberikan wejangan dan berbagi pengetahuannya di sekolah kami ini, dan kami mohon maaf jika dari pihak kami ada kekurangan dalam penyambutan dan lainnya karena kami maunisia biasa yang tak luput dari khilaf,” imbuhnya.

Dengan serangkaian pemaparan materi mengenai kewajiban belajar dalam mengimplementasikan ilmu dan taqwa yang sudah diberikan oleh dewan guru yang ada dan diperkuat oleh pemaparan naras umber diharapakan para siswa dapat meningkatkan keimanan dan kesadarannya selaku seorang hamba.

“Jika kalian belajar dengan baik dan sungguh-sungguh maka kalian pasti akan menjadi manusia yang berhasil dan sukses, untuk itu kalian jangan ragu dan bimbang dalam belajar, terlebih balajar merupakan suatu kewajiban bagi kalian selaku seorang muslim,” pungkas sujarwo selaku pemateri.

Terlebih dijaman sekarang ini yang beriringan dengan kemajuan teknologi, tentu persaingan dalam kemampuan dan kualitas sangat ketat, untuk itu diperlukan para generasi yang mumpuni dalam penguasaan teknologi selain keilmuan lainnya. Dengan mengikuti mimbar akademik ini bapak/ibu guru di SMP Islam Cepu Jawa Tengah mampu memberikan bekal mental dan wawasan ketika masuk di perguruan tinggi nanti, sehingga diharapkan peserta didik mampu dan cepat beradaptasi ketika menemukan situasi dan lingkungan yang serta perbedaan metode belajar ketika berada dalam lingkup sekolah dengan perguruan tinggi.

“Tingkatkan semangat kalian lebih tinggi lagi, kuasai teknologi karena jika kalian lemah dalam bidang teknologi maka kalian akan tertinggal dan tergantikan oleh teknologi tersebut,” ungkap Rizal Saragih.

Para siswa nampak serius dan antusias yang sesekali ramai dengan tepuk tangan pertanda yang menjukkan mereka paham dan setuju dari semua materi yang disampaikan, dan di sepanjang acara beberapa siswa yang hadir mengangkat tangan mengajukan beberapa pertanyaan terkait permasalahan yang dihadapinya yang semuanya terjawab dengan memuaskan.(Khtb/Arfn)

banner 970x150

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *